Home » » [TUTORIAL] Tips-Trik dan Panduan Google+

[TUTORIAL] Tips-Trik dan Panduan Google+

Sudah mencoba Google+ (Google Plus)? Ingin dapat undangan Google+ (Google+ invite)?
Google+ adalah layanan jejaring sosial yang sedang hangat dibicarakan di seantero internet belakangan ini. Dengan berbagai fitur andalannya yang dinilai lebih baik, proyek sosial-networking keluaran Google ini banyak diperkirakan bisa menggusur atau paling tidak mengurangi dominasi Facebook.
Sebagai informasi, Google sendiri menyebut layanan Google+ ini bukan sebagai produk atau aplikasi baru, melainkan menyebitnya sebagai sebuah proyek atau “Proyek Google+”, karena Google+ akan dijadikan sebagai bagian sentral dari keseluruhan identitas Google untuk membentuk kembali perusahaan raksasa internet itu.
google-plus-welcome.png
*

Fitur Google+ (Google Plus)

Kelihatannya Google telah belajar banyak dari Facebook, berikut ini beberapa fitur andalan Google+
  • Google+ diklaim memperbaiki layanan jejaring sosial yang telah ada (baca: Facebook) dengan mengedepankan fitur:
    • Circle – Mengatur hubungan online social-network yang lebih disesuaikan dengan kehidupan di dunia nyata di mana kita membagi informasi,status, share dll hanya kepada lingkaran hubungan sosial tertentu yang memang kita inginkan saja, misalnya: kita membagi foto tertentu hanya pada lingkaran teman dekat saja, tapi tidak kepada lingkaran kerja/keluarga.
    • Hangout – Dengan mudah membuat grup khusus untuk obrolan video dengan banyak orang sekaligus (live multi-person video) dalam Circle tertentu.
    • Sparks – Integrasi layanan Google Search ke dalam Google+ sehingga orang dengan mudah bisa menemukan konten web yang ingin dibahas/dishare.
  • Integrasi dengan berbagai layanan Google. Jutaan orang selama ini sudah menggunakan berbagai layanan gratis dari Google seperti search, dokumen, photo, video, maps, dan lain-lain. Dengan mengintegrasikan berbagai layanan ini ke layanan jejaring sosial, Google+ menjadi sebuah jejaring sosial yang sangat menarik dan sekaligus jadi ajang kolaborasi yang lebih produktif dari sekedar update status atau sharing online.
  • Fitur dan apllikasi mobile yang lebih baik sehingga platform sosial lebih gampang, lebih bersih, lebih banyak fungsi dengan aplikasi mobile Google+.
  • Memberi label foto dengan cara yang lebih baik. Tidak seperti Facebook yang terkesan bisa melabel seseorang yang malah bisa mengganggu orang tersebut, Google+ memberi fitur yang lebih baik untuk pengaturan privacy labelling foto.
  • Dengan prinsip bahwa data yang dimasukkan user adalah sepenuhnya milik user, Google+ memudahkan user untuk mengambil semua datanya dari layanan Google bila diinginkan, yaitu dengan Google Takeout (http://www.google.com/takeout).
Untuk lebih jelasnya silahkan buka http://www.google.com/+/demo/.
*

Tips-Trik Penggunaan Google Plus

Berikut ini beberapa tips/trik dan sedikit tutorial panduan cara penggunaan Google+.
  • Ada empat tab utama saat kita mulai menggunakan Google+ yaitu: Home, Photos, Profile, dan Circles. Pada halaman welcome page kita bisa melengkapi informasi profile dan membuat Circles (pengaturan lingkaran sosial pertemanan). Setelah itu kita bisa mengirim dan membaca update dari orang yang termasuk ke dalam circle-circle itu.
  • Di Google+ tidak memerlukan persetujuan pertemanan. Kita bisa menambahkan teman ke dalam circle tanpa perlu approve dari teman yang ditambahkan. Namun tentu saja tanpa approval (nama kita tidak di-add ke dalam circle teman itu) kita hanya bisa secara pasif menerima informasi dari teman itu kalau dia mempublish sebuah posting untuk publik saja.
  • Google+ menyediakan circle default yaitu Friends, Family, Acquaintances (kenalan), Following. Dengan demikian kita bisa langsung membagi posting namun kita bisa mensetnya untuk dibagi hanya pada circle yang kita inginkan. Namun kita juga bisa memposting ke semua circle atau pun membuatnya sebagai sebuah posting public yang bisa dilihat semua orang (termasuk oleh orang yang bukan pengguna Google+).
  • Kita tidak harus follow back orang yang menurut kita tidak kita sukai.
  • Kita bisa membagi posting, foto, video dan link melalui tombol dan kotak share.
  • Mention atau merujuk orang tertentu dengan cara menambahkan tanda + (plus) atau @ (at), misalnya +inimu atau @inimu :)
  • Saat pertama kali posting, kita tidak langsung mempublishnya sebelum kita menunjuk circle atau orang mana yang akan kita posting. Pilih Circle yang dituju, atau pilih Public untuk share ke semua orang. Kita juga bisa membuatnya sebagai posting private dengan cara mention nama sendiri. Setelah posting pertama itu Google+ mengingat pilihan kita, namun kita bisa mengubah atau menambahkannya.
  • Kirim pesan langsung ke seseorang dengan cara mention nama orang itu.
  • Bila kita ingin men-share sebuah posting yang dibuat orang lain, kita hanya bisa melakukannya pada posting yang memang diset oleh orang tersebut sebagai posting public.
  • Tombol +1 mirip dengan Like seperti yang ada di Facebook. Tab +1 di profile kita hanya menunjukkan +1 dari sebuah website.
  • Untuk membuat tulisan bold (tebal), italic (miring), dan strikethrough (coret):
    Bold: *contoh teks* hasilnya menjadi: contoh teks.
    Italic: _contoh teks_ hasilnya menjadi: contoh teks.
    Strikethrough: -contoh teks- hasilnya menjadi: contoh teks.
  • Keyboard shortcut: tombol J untuk scroll down, tombol K untuk scroll up.
  • Untuk menyembunyikan circle atau orang tertentu (yang ada di sebelah kiri) silahkan klik tab Profile lalu klik Edit Profile lalu klik bagian Circles.
  • Halaman Incoming adalah halaman dimana kita bisa melihat update dari orang-orang yang menambahkan profile kita ke dalam circle mereka tapi kita tidak memasukkan profile orang itu ke dalam circle kita.
  • Untuk melihat semua post, mention and tag photo silahkan klik Notifications di bagian Stream.
  • Semua foto yang di posting akan disimpan di Picasa (Google Photos). Semua album yang ada di Picasa bisa diliat di Google+. Untuk disable foto di profile kita, klik Edit Profile.
  • Kita bisa memanfaatkan halaman Spark untuk mencari dan share artikel-artikel yang menarik dari berbagai sumber web, dan di situ kita bisa juga menentukan atau menandai interest kita.
  • Tab Hangout? Ya untuk hangout :) yaitu untuk ngobrol online via video chat dengan sesama pengguna Google+ dalam circle tertentu yang kita inginkan.
Berikut ini ada Google+ Tiny Cheat Sheet, sebuah panduan dasar penggunaan Google Plus yang disajikan dalam bentuk infografis yang simpel, berisi cara posting pesan di Google+, trik membuat format teks, dan juga shortcut keyboard.
google-plus-tiny-cheat-sheet
Dan ini lagu Google Plus (Google Plus Song), lagu parodi ringan tapi ada sedikit penjelasan tentang Google Plus juga.
Secara default, alamat URL akun Google+ kita berformat seperti ini: https://plus.google.com/112867849741077081069 yang susah untuk diingat. Kita bisa juga menggunakan layanan pihak ketiga yaitu gplus.to (http://gplus.to) sehingga nantinya kita mendapatkan alamat cantik Google+ seperti http://gplus.to/zonsaja :) . Namun dengan catatan, berhubung gplus.to ini dibuat oleh domain pihak ketiga (bukan punya Google) yang kurang jelas supportnya, layanannya jadi kurang bisa diandalkan, misalnya bagaimana kalau domain itu kelebihan beban server sehingga alamat itu jadi tidak bisa dibuka. Oleh karena itu lebih disarankan tetap menggunakan alamat URL profile google.com yang tentunya lebih bisa diandalkan.
*

Cara Gabung / Join Google+

Situs Google+ bisa diakses lewat homepage Google (http://www.google.com atau http://www.google.co.id) lalu klik tab bertuliskan “+You” atau “+Anda” (di bagian paling kiri bar Google yang berwarna hitam), atau langsung ke alamat http://plus.google.com.
Namun untuk sementara ini, Google+ masih untuk kalangan terbatas yaitu untuk mereka yang mendapat undangan (invitation). Belum jelas kapan Google akan secara resmi merilis Google+ untuk umum. Tapi kalau memang mau mencoba, atau ingin mendapatkan undangan Google+ (Google+ invite), silahkan tuliskan alamat email di kolom komentar di bawah, nanti saya akan coba invite, dengan catatan selama sempat dan bisa :)

sumber; INImuKom

0 komentar :

Poskan Komentar