Home » » Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 


Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger – Blogger atau lebih sering kita sebut dengan nama blogspot adalah situs yang dimiliki oleh Google, yang menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis. Artinya kita tidak usah membayar untuk membuat blog di blogger.com (kecuali biaya untuk akses internet). Kelebihan blog dibandingkan dengan akun facebook atau akun twitter adalah dalam hal cakupannya. Anda dapat berbagi sesuatu kepada dunia dengan menulis di blog.

Cara Membuat Blog di Blogger

Untuk membuat blog gratis di blogger atau blogspot ini mudah dilakukan, langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah akun google. Apa itu account google? Jika Anda merasa Anda tidak tahu tentang apa yang akun google mungkin penjelasan berikut akan membantu Anda.
Akun google adalah akun yang dapat digunakan untuk masuk ke Google, jika Anda memiliki akun email dengan alamat your-email@gmail.com atau memiliki account youtube maka Anda sudah memiliki akun google.
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara membuat blog di blogger dari awal sampai akhir. Saya akan mulai dengan menjelaskan cara membuat akun google.
Cara membuat akun Google
Karena kita akan membuat blog, kita dapat membuat akun google langsung dengan mengunjungi situs blogger.com. Setelah akun yang kita buat sudah jadi, maka siap digunakan untuk dapat membuat blog di blogger.com.
Langkah-langkah cara membuat blog di blogger dan membuat akun Google
Pertama, kunjungi situs blogger.com yang mana Anda dapat membuat akun google dan dapat membuat blog secara gratis. Pada halaman pertama dari blogger.com Anda menemukan tombol DAFTAR (SIGN UP) seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Cara Membuat Blog di Blogger
Setelah itu pada halaman baru yang telah terbuka, ada tempat bagi Anda untuk mengisi informasi pribadi Anda. Pengisian informasi pribadi maksudku adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Blog di Blogspot
Dalam kolom nama ada dua jenis, yaitu untuk nama depan dan nama belakang, masukkan nama depan di kolom pertama dan masukkan nama belakang dalam kolom terakhir. Misalnya nama saya adalah Jaka Sembung, maka saya akan mengisi kolom pertamanya dengan Jaka dan mengisi kolom terakhir dengan Sembung.
Selanjutnya ke kolom username (nama pengguna), masukkan alamat email yang Anda inginkan. Di sini berarti bahwa nanti Anda akan memiliki alamat email baru. Misalnya jika memiliki nama Jaka Sembung berarti alamat email yang dapat dituliskan adalah jakasembung@gmail.com
Langkah selanjutnya adalah memasukkan password (kata sandi). Sangat disarankan memasukkan kata sandi dengan kombinasi huruf (besar dan kecil), angka, dan tanda baca. Hal tersebut untuk mencegah aksi hacker. Tetapi Anda jangan lupa password atau kata sandi tersebut, karena nanti akan digunakan untuk log in (masuk) ke blog yang Anda buat.
Kemudian isi tanggal lahir Anda dan pilih gender (jenis kelamin). Lalu masukkan nama alamat email Anda saat ini, jika Anda belum memiliki alamat email tidak diisi juga tidak apa-apa, tetapi sebagai gantinya Anda harus memasukkan nomor ponsel Anda untuk verifikasi.
Langkah terakhir jangan lupa untuk memasukkan kode chapta dan centang kotak persetujuan dari layanan. Setelah semua data yang diminta dimasukkan dengan benar, silakan klik langkah berikutnya (Next step) di bagian bawah.
Setelah Anda mengklik Langkah berikutnya (Next step), akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Langkah berikutnya lagi.
Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Kembali ke Blogger.
Setelah mengklik Kembali ke Blogger, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu klik Lanjutkan ke Blogger
Pada langkah berikutnya Anda dapat menuliskan alamat blog baru Anda seperti yang Anda inginkan.
Masukkan Judul Blog dan alamat blog Anda seperti gambar di bawah ini. Jika alamat blog tersedia, tombol Buat blog! akan bisa diklik. Jika Anda sudah mengisi judul dan alamat blog, dan memilih template yang Anda inginkan klik tombol Buat blog!
Setelah itu, mulailah dengan membuat pos atau artikel.
Terima kasih Anda sudah membaca artikel ini, SEMOGA BERMANFAAT..

0 komentar :

Poskan Komentar