Home » » Bukti bahwa Matematika bukanlah sebuah ilmu pasti (eksak)

Bukti bahwa Matematika bukanlah sebuah ilmu pasti (eksak)

jika kita mendengar kata eksak maka yang tertuang di dalam pikiran kita adalah tentang sebuah ilmu perhitungan seperti Fisika, matematika dan kimia, terutama untu ilmu matematika, sejak jaman pertama kali kita mulai belajar berhitung kita sudah dikenalkan bahwa matematika itu adalah eksak atau matematika sering disebut dengan ilmu pasti dalam hal ini yang dimaksud adalah jika 1 + 1 pasti akan hasilnya adalah 2 namun setelah lama belajar matematika saat ini telah ditemukan bukti bahwa tidak selamanya ilmu yang mempelajari matematika tidaklah sebuah ilmu pasti. coba perhatikan contoh cerita berikut ini :

Andi ingin membeli pizza, namun andi tidak punya uang, maka andi meminjam unag pada budi dan anton dengan jumlah masing-masing 25 ribu, sehingga andi telah mempunyai uang sebanyak 50 rubu, lalu Andi membeli pizza dengan harga 47 ribu, jadi andi mempunyai kembalian sebesar 3 ribu rupiah. untuk meringankan pinjaman andi maka andi memakai uang kembalian tersebut untuk mebayar hutang kepada budi dibayarkan seribu rupiah dan kepada anton seribu rupiah dan seribu rupiah sisanya disimpan sendiri sebagai pegangan, jadi setelah dibayarkan hutang andi kepada budi menjadi 24ribu, dan kepada anton juga menjadi 24ribu.

jika sisa hutang andi dijumlahkan maka : 24ribu + 24ribu = 48ribu, lalu dijumahkan lagi dengan yang disimpan andi sendiri maka : 48ribu + seribu = 49ribu, sementara tadi andi meminjam uang dengan total jumlah 50ribu lalu dimana seribunya??????

kalian bingung saya juga bingung... hehehehehehe..
jadi masihkah kita bisa sebut matematika itu sebuah ilmu pasti??? ternyata matematika bisa tidak pasti juga ya..

2 komentar :

  1. jika harga pizza 47 ribu. maka di bagi 2 = 23,5 rb dan di kasih lagi uang nya seribu maka 24,5 rb setiap orang dan uang yang 1 rb di pegang.
    jadi hasilnya 24,5 x 2 = 49 + 1 = 50
    itu bener cuma kamu aja salah ngitung

    BalasHapus
  2. peristiwa atau soal tersebut semakin membuktikan bahwa matematika adalah ilmu pasti pak, bagaimana menjelaskan suatu hitungan abstrak dengan logika dan nominal dalam bentuk kalimat matematika. jadi perbedaan identitas bilangan dalam matematika adalah dengan -(minus) dan (+)Positif, hutang berarti -, pembayaran berarti + dalam kalimat matematika :
    (-25)+(-25) = (-47) + (-3)
    (-25 + 1) + (-25 + 1) = (-47) + (-3) + 2
    (-24) + (-24) = (-47) +(-3) +2
    - 48 = - 48
    jadi tetep to...hutang 48 sisanya, gak ada lebih dan gak ada kurang....mau buktikan bahwa kalimat matematika ini adalah mewakili "kepastian" dari Matematika...Pak Tri pake uang-uangan anak bapak aja....heee....
    "MATEMATIKA" salah satu definisinya sebagai penelitian bilangan dan angka, dimana dalam pandangan formalis, matematika adalah pemeriksaan aksioma yang menegaskan "struktur abstrak" menggunakan logika simbolik dan notasi matematika.

    BalasHapus