Home » » Sikap optimis bisa bikin panjang umur

Sikap optimis bisa bikin panjang umur

Sikap optimis bisa bikin panjang umur

Selalu berpikir positif memang tak mudah. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki tujuan dan selalu optimis dengan masa depannya berkemungkinan hidup lebih lama.
Hasil ini diketahui peneliti dalam penelitian terhadap 7.000 orang. Partisipan yang memiliki sikap optimis tinggi memiliki risiko stroke 70 persen lebih rendah. Penelitian ini juga telah menghitung faktor lain seperti tekanan darah tinggi dan penggunaan alkohol.
"Berusaha selalu berpikir positif dan memiliki tujuan hidup tak hanya meningkatkan kualitas hidup, melainkan juga meningkatkan kesehatan fisik dan memperpanjang usia," ungkap ketua peneliti Eric Kim dari University of Michigan, seperti dilansir oleh Daily Mail (06/04).
Sebelumnya penelitian selalu berfokus pada efek negatif seperti depresi, stres pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Penelitian terbaru ini lebih berfokus pada efek dari sikap positif seperti optimisme yang ternyata juga bermanfaat pada kesehatan.
Dalam penelitian ini, ilmuwan mengamati pria dan wanita berusia di atas 50 tahun selama empat sampai lima tahun. Selama itu, mereka menjalani tes psikologi dan stroke. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki tujuan hidup dan bersikap positif terhadap masa depan berkemungkinan lebih rendah terkena stroke.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mood positif bisa menurunkan tingkat hormon kortisol yang memunculkan stres serta berperan dalam stroke.

sumber; www.merdeka.com 

0 komentar :

Poskan Komentar