Home » » Tips Mempercepat Windows 7

Tips Mempercepat Windows 7

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



1. Instal aplikasi seperlunya
Yang merasa nggak terlalu dipake saran saya hapus saja aplikasi tersebut, gunakan aplikasi yang menurut kalian berbobot dalam arti bagus. Mungkin di antara orang-orang berbeda pendapat, entah dalam aplikasi Antivirus atau yang lainnya. Utamanya dalam hardisk C jangan sampai lebih dari 50giga, saya jamin akan lambat dalam kinerjanya.

2. Scan disk dan defrag secara berkala
Dengan melakukan scan disk dan defrag secara berkala akan dapat membantu windows menandai sector dan cluster baik dan yang rusak di dalam ruang hardisk, serta dapat membantu windows mengurutkan dan mengelompokkan data-data yang disimpan di hardisk seperti file system, file aplikasi, dan file data agar lebih sesuai dengan kebutuhan system sehingga lebih mudah diakses oleh windows.

3. Menghapus file prefetch dan temporer di windows 7
File prefetch dan temporer merupakan file-file sementara yang digunakan oleh windows saat menjalankan sebuah aplikasi. File temporer ini sebenarnya dibuat secara otomatis oleh windows saat menjalankan sebuah aplikasi, seharusnya dalam kondisi normal akan dihapus oleh windows saat menutup aplikasi tersebut. Namun karena bug (kesalahan program) atau masalah compatibility windows 7 maka file temporer tersebut tidak dapat dihapus oleh windows secara sempurna.



4. Disable fax service di windows 7
Fax services merupakan sebuah aplikasi services yang tersedia di windows 7, fitur ini berfungsi jika komputer anda terhubung ke mesin fax, atau menggunakan aplikasi fax di komputer. Jika kalian tidak menghubungkan komputer dengan fax, sebaiknya fitur ini kalian matikan /disable saja, agar tidak memberatkan dan membebani kinerja windows 7.




5. Disable autoplay/autorun di windows 7
Autoplay / autorun adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk membuka file yang berada di media data (CD/Hardisk Eksternal/Flashdisk,dll) secara otomatis. Ada beberapa kelemahan jika mengaktifkan fitur Autorun Windows ini, yaitu:
A. Jika CD/Hardisk Eksternal / Flashdisk mengandung virus maka virus dapat dengan mudah menyerang komputer kalian melalui fitur autorun windows 7
B. Windows 7 akan mengalokasikan memori untuk fitur autoplay, sehingga bisa menguras memori komputer.

6. Disable error reporting windows 7
Error reporting adalah sebuah aplikasi services yang tersedia di windows 7, fitur eror reporting ini berfungsi untuk mengirimkan permasalahan (error) yang terjadi pada komputer kalian langsung ke situs microsoft, berdasarkan laporan tersebut tim teknis microsoft akan melakukan menganalisa penyebab error (error analysis windows) dan selanjutnya mengirimkan solusinya untuk kalian. Jika kalian tidak memanfaatkan fitur error reporting ini lebih baik dinonaktifkan saja, agar bisa menghemat pemakaian memori dan tentunya secara tidak langsung akan performa windows 7.




7. Uninstal Tablet PC component di windows 7
Windows 7 menyediakan Feature PC tablet component, fitur ini hanya berfungsi jika jenis komputer yang kalian gunakan adalah type PC tablet, informasi tentang pc tablet bisa dilihat disini tablet pc. Jika kalian hanya menggunakan PC (desktop) atau notebook, lebih baik kalian menonaktifkan service tablet PC atau uninstal tablet pc component. Service ini di nonaktifkan agar windows tidak mengalokasikan memory pada service tersebut yang tidak kalian digunakan sehingga bisa lebih menghemat memory komputer.





8. Disable automatic update di windows 7
Automatic update adalah sebuah fitur yang tersedia di windows yang berfungsi untuk membantu pengguna windows untuk mengupdate secara online windows yang telah terinstal di komputer pengguna. Jika kalian tidak mempunyai koneksi internet atau anda tidak ingin mengupdate windows 7 anda secara online, maka fitur ini bisa dinonaktifkan.

9. Pindahkan My Document ke memory Hardisk yang lebih besar
Tentunya kalian tau My Document, yang serba fungsi. Misal disaat kalian download pasti hasil download tersebut akan masuk pada My Document, dan pastinya My Document terletak pada Hardisk C. Maka dari itu lebih baiknya silahkan pindah pada ruang hardisk yang lebih besar.

0 komentar :

Poskan Komentar